Dukung Petisi Afirmasi PPPK Guru 2021, SNWI Desak Passing Grade Tidak Sama

Dukung Petisi Afirmasi PPPK Guru 2021, SNWI Desak Passing Grade Tidak Sama
Peserta Tes PPPK 2021. Ilustrasi Foto: Humas BKN

jpnn.com, JAKARTA - Petisi meminta tambahan afirmasi PPPK guru 2021 terus mendapatkan dukungan dari kalangan guru honorer.

Ketua Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Sumatera Selatan Susi Maryani mengatakan mereka mendukung petisi tersebut. 

Dia menyebutkan guru honorer di bawah SNWI banyak yang tidak memenuhi passing grade PPPK 2021. Bahkan sudah ditambahkan afirmasi pun tidak terpenuhi.

"Contohnya saya. Formasi di sekolah saya untuk guru pendidikan agama Islam (PAI) hanya satu. Saya pelamar satu-satunya tetapi karena passing grade terlalu tinggi 325 saya tidak lulus," ungkap Susi kepada JPNN.com, Kamis (16/9).

Andai passing grade kompetensi teknis untuk guru PAI di bawah 325, Susi yakin banyak yang bisa lulus. Hal itulah yang mendasari SNWI mendukung petisi afirmasi PPPK guru 2021.

Dikatakan, selain mendukung petisi tersebut, SNWI juga menyampaikan aspirasi melalui Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PB PGRI.

"Rencananya kami akan beraudiensi dengan kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan DPRD untuk meminta dukungan tambahan afirmasi," terangnya.

SNWI meminta passing grade PPPK guru 2021 harus disesuaikan dengan kemampuan SDM di daerah masing-masing.

SNWI mendukung petisi tambahan afirmasi PPPK guru 2021 karena banyak guru honorer yang tidak lulus passing grade PPPK 2021