Dunia Mode Berduka, Karl Lagerfeld Meninggal Dunia

Dunia Mode Berduka, Karl Lagerfeld Meninggal Dunia
Desainer kawakan Karl Lagerfeld meninggal dunia, Selasa (19/2). Foto: EPA

jpnn.com - Dunia mode kehilangan salah satu tokoh terbesarnya. Desainer kawakan dari rumah mode Chanel, Karl Lagerfeld meninggal dunia di Neuilly-sur-Seine, Prancis, Selasa (19/2).

Sebagai salah satu desainer yang paling produktif dan dikagumi di zaman modern, pengaruh Lagerfeld terhadap industri mode tidak tertandingi. Perancang busana asal Jerman itu dikenal sebagai direktur kreatif untuk rumah mode ternama dunia, Chanel dan Fendi. Dilansir BBC, Lagerfeld juga merancang koleksi untuk mereknya sendiri dan berkolaborasi dengan merek H&M.

Dia diketahui dalam kondisi tidak sehat selama beberapa minggu, dan terpaksa absen dari sejumlah peragaan busana. Meski begitu, sampai sekarang penyebab kematiannya belum dirilis.

Lahir Karl Otto Lagerfeldt pada 1933 di Jerman, dia mengubah nama aslinya dari Lagerfeld, dengan alasan terdengar lebih komersial.

Dia bermigrasi ke Paris saat remaja, dan menjadi asisten desain untuk Pierre Balmain, sebelum bekerja di Fendi dan Chloe pada 1960-an.

Sang desainer terkenal karena hubungannya dengan label Perancis Chanel. Dia memulai karir panjangnya dengan rumah mode itu pada 1983, satu dekade setelah Coco Chanel meninggal.

Desain Lagerfeld membawa kehidupan baru ke label itu, menambahkan kemewahan ke setelan jas wol primer rumah couture dikenal. Lagerfeld bekerja hingga akhir hayatnya untuk Chanel dan juga koleksi untuk Fendi LVMH dan labelnya sendiri.

Sejumlah tokoh ternama di industri fashion memberikan penghormatan kepada Lagerfeld, termasuk desainer Italia Donatella Versace. (mel/rmol)


Dunia mode kehilangan salah satu tokoh terbesarnya. Desainer kawakan dari rumah mode Chanel, Karl Lagerfeld meninggal dunia


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News