Dunia Usaha Menghadapi Perubahan Besar, Peran Pemimpin Sangat Menentukan

Dunia Usaha Menghadapi Perubahan Besar, Peran Pemimpin Sangat Menentukan
Construction and ForAg Marketing and Sales Division Head Trakindo Arif Prawira optimistis Cat 320 GX menjadi solusi mengokohkan performa keuangan perusahaan di masa krisis. Foto: dokumentasi Trakindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Trakindo Utama (Trakindo) membekali pemilik usaha dan pelanggannya dengan solusi menavigasi perubahan lewat pola kepemimpinan dan prinsip usaha yang progresif.

Perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia yang telah meluncurkan Cat 320 GX itu berharap kinerja usaha sektor industri dapat tumbuh kembali dan investasi dapat berbuah profit dengan lebih cepat.

Trakindo menggandeng Jamil Azzaini, seorang pakar leadership dan self-improvement yang juga adalah Pendiri Kubik Leadership.

Diketahui, dunia usaha kini mengalami berbagai perubahan besar yang menyentuh berbagai sendi, mulai dari model bisnis dan kemitraan baru hingga inovasi untuk merespons peluang baru yang muncul.

Setidaknya ada tiga pemicu perubahan besar saat ini adalah digital, milenial dan pandemi, yang menuntut pelaku usaha dan pemimpin perusahaan harus cermat memilih investasi yang tepat.

Investasi yang tepat bisa dilihat dari pemilihan anggota tim yang tepat dan pemilihan alat untuk produksi atau kerja.

“Perubahan harus dianggap lazim, bahkan tepatnya tidak ada yang bertahan, kecuali perubahan. Jika dirangkum, ada tiga peran pemimpin usaha di masa perubahan yaitu mengangkat moral tim, menggerakkan produktivitas tim, dan menjaga kelangsungan bisnisnya,” tutur Jamil Azzaini, dalam keterangan resmi Trakindo, Jumat (19/11).

Dia mengatakan mengangkat moral tim menjadi tugas paling awal karena anggota tim tengah berpindah zona, dari zona nyaman ketika semua terkendali, ke zona rentan saat pandemi menghantam dunia usaha dengan keras dan membawa berbagai ketidakpastian.

Dunia usaha kini mengalami berbagai perubahan besar yang menyentuh berbagai sendi, simak ulasan Jamil Azzaini di acara Trakindo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News