Kementan Dorong Dunia Usaha Pertanian Maju dan Berkembang Pesat

Kementan Dorong Dunia Usaha Pertanian Maju dan Berkembang Pesat
Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong kemajuan dunia usaha dan jasa yang bergerak di sektor pertanian agar lebih maju dan berkembang pesat. Dengan begitu, upaya pemerintah memulihkan ekonomi nasional melalui sektor pertanian dapat terwujud secara baik, tepat, dan cepat.

Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono mengatakan sektor pertanian selama ini merupakan yang paling tumbuh dan tangguh terhadap berbagai krisis yang timbul akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Apalagi, kata Kasdi, sektor pertanian berdasarkan data BPS mampu berkontribusi positif pada triwulan pertama di tahun 2020, yakni sebesar 1,75 persen. Kemudian pada triwulan pertama 2021 tumbuh sebesar 2,95 persen.

"Pertanian itu menyentuh semua aspek, mulai dari kesehatan, politik, sosial, pemerintahan, dan juga lapangan kerja karena banyak saudara kita yang kena PHK," ujar Kasdi saat membuka Swasembada Enterprise Agriculture Tumbuh dan Tangguh yang disampaikan melalui virtual, Sabtu (7/8).

Diketahui, pertumbuhan sektor pertanian terhadap PDB menurut lapangan usaha pada triwulan II 2021 secara Q-toQ mencapai 12,93 persen dan merupakan pertumbuhan tertinggi jika dibanding sektor lainnya.

Kemudian, share PDB pada triwulan II 2021 menduduki peringkat ke-2 dalam perekonomian Indonesia setelah industri pengolahan, dengan kontribusi sebesar 14,27 persen terhadap PDB nasional di triwulan II 2021. Adapun lapangan usaha industri pengolahan berkontribusi sebesar 19,29 persen.

Guna meningkatkan semua capaian tersebut, Kasdi mengatakan saat ini Kementan memiliki 2 tugas utama yang terus dilakukan. Pertama adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi melalui sarana Agriculture War Room (AWR) yang memiliki basis BPP Kostratani di semua kecamatan.

"Kedua adalah mendorong dan mendampingi berbagai pelatihan SDM atau petani milenial seperti yang kami lakukan saat ini sesuai perintah Presiden dan arahan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo)," katanya.

Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono menyatakan sektor pertanian merupakan yang paling tumbuh dan tangguh terhadap berbagai krisis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News