Dusta Ratna Terbongkar, Wajar Kubu Jokowi Kian Optimistis

Dusta Ratna Terbongkar, Wajar Kubu Jokowi Kian Optimistis
Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ratna Sarumpaet. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kepemiluan Kaka Suminta menilai terungkapnya kebohongan Ratna Sarumpaet menambah optimisme kubu Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Terlebih, Ratna merupakan juru kampanye di kubu Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno.

“Pilpres kali ini kan juga hanya diikuti dua pasangan calon presiden. Jadi, apa yang terjadi pada salah satu pasangan akan berimbas pada yang lainnya," ujar Kaka kepada JPNN, Senin (15/10).

Hanya saja, kata sekretaris jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) itu, masa kampanye pilpres masih lama. Dengan demikian masih ada kemungkinan terjadinya berbagai peristiwa yang berpengaruh pada elektabilitas masing-masing pasangan calon.

Oleh karena itu Kaka mengingatkan masing-masing kubu agar memanfaatkan waktu yang ada dengan baik jika tak mau kalah pada pemungutan suara yang digelar April 2019. Yang tak kalah penting adalah masing-masing kubu harus mampu meminimalkan kesalahan.

"Maka yang harus dilakukan adalah tak membuat kesalahan fatal dan membangun soliditas," pungkas Kaka.(gir/jpnn)


Pengamat kepemiluan Kaka Suminta menilai terungkapnya kebohongan Ratna Sarumpaet menambah optimisme kubu Jokowi - Ma’ruf dalam menghadapi Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News