Duterte Tak Peduli Perasaan Keluarga Pengguna Narkoba

Duterte Tak Peduli Perasaan Keluarga Pengguna Narkoba
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto: Reuters

jpnn.com, MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte tanggapi santai jeritan keluarga korban perang melawan narkoba yang dikobarkannya sejak 2016 lalu. Tanpa basa-basi, dia mengaku tidak peduli dengan perasaan mereka.

Menurut Duterte, semua yang dibunuh aparat dalam perang melawan narkoba adalah pemakai atau pengedar narkoba. Dan bagi dia, keluarga pengguna narkoba tak berhak mendapat keadilan.

"Jika Anda berpikir bisa mendapatkan keadilan hanya karena Anda kehilangan seseorang yang menggunakan narkoba, maka mohon maaf, saya tidak akan pernah membiarkannya," kata Duterte seperti dilansir Reuters, Selasa (19/6).

Lebih dari 4 ribu terduga pengguna dan pengedar narkoba tewas di tangan polisi sejak Juni 2016. Selain itu, ada ribuan lagi yang ditembak oleh orang tidak dikenal.

Keluarga korban dan aktivis HAM mengecam keras kebijakan brutal Duterte tersebut. Mereka menilai aparat terlalu enteng menggunakan senjata dan sering kali salah sasaran.

Namun, pihak kepolisian membantah tuduhan tersebut. Mereka berkilah terpaksa menembakkan senjata api lantaran tersangka melawan saat hendak ditangkap.

Duterte tentu saja membela pembantaian tersebut. Dia berjanji melindungi polisi dan tentara yang membunuh pengguna narkoba.

Bekas wali kota Davao itu bahkan menyatakan siap menembak sendiri para bandar dan pengguna narkoba. "Jika Anda adalah raja obat bius, saya akan menembak Anda lima kali," tegas Duterte. (iml/JPC)


Presiden Filipina Rodrigo Duterte tanggapi santai jeritan keluarga korban perang melawan narkoba yang dikobarkannya sejak 2016 lalu


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News