DVD Edukasi Belum Tentu Bisa Bantu Anak Belajar Membaca

DVD Edukasi Belum Tentu Bisa Bantu Anak Belajar Membaca
DVD Edukasi Belum Tentu Bisa Bantu Anak Belajar Membaca

jpnn.com - SEMUA orang tua pasti ingin mempunyai anak yang pintar. Oleh sebab itu, tidak jarang ada orang tua yang memberikan DVD edukasi agar anak bisa belajar lebih cepat.

Peneliti di New York University's Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development menemukan bahwa usaha orang tua memutarkan DVD edukasi untuk mengajarkan balita mereka cara membaca hanya sia-sia.

Untuk studinya, para peneliti mengamati 117 bayi berusia sembilan sampai 18 bulan. Satu kelompok bayi diberi materi edukasi dalam bentuk DVD, kartu, puzzle kata, dan buku lipat yang digunakan setiap hari selama tujuh bulan. Sementara kelompok yang lain tidak menerima materi apa-apa.

Aneka tes pun dilakukan untuk menentukan kemampuan bayi dalam mengenali surat suara, nama surat, serta kosakata. Di akhir pengamatan, peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan antara kelompok yang diberi materi dan yang tidak.

"Jelas bahwa orang tua memiliki keyakinan besar bahwa produk ini berdampak besar bagi perkembangan anaknya. Tapi penelitian kami tidak menemukan hasil yang terlalu signifikan," kata ketua penulis studi, Susan Neuman, seperti dilansir laman The New Age, Senin (14/4).

Walaupun DVD edukasi tidak terlalu membantu bayi supaya bisa belajar lebih cepat, setidaknya DVD seperti itu bisa mendorong perkembangan kognitif anak. (fny/jpnn)


SEMUA orang tua pasti ingin mempunyai anak yang pintar. Oleh sebab itu, tidak jarang ada orang tua yang memberikan DVD edukasi agar anak bisa belajar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News