E-KTP G-2 Bakal Seumur Hidup

E-KTP G-2 Bakal Seumur Hidup
E-KTP G-2 Bakal Seumur Hidup
BEKASI SELATAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Rudi Sabarudin mengatakan, saat ini Pemerintah Pusat melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sedang mengkaji berbagai aspek teknologi dalam rangka mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik generasi kedua (E-KTP G-2) yang akan digunakan untuk penggantian KTP elektronik berikutnya.

"E-KTP yang berlaku sekarang punya masa lima tahun, setelah itu ganti baru. Tapi lima tahun dipandang terlalu singkat untuk E-KTP berbasis smart card dengan manfaat luas. Karena itu E-KTP generasi kedua nanti, bisa jadi lebih panjang masa berlakunya menjadi seumur hidup," kata Rudi Sabarudin, kemarin (3/6).

KTP elektronik generasi kedua itu, ujarnya, akan lebih lengkap dan lebih disempurnakan. Misalnya, dalam hal kapasitas chip yang diharapkan akan bisa diperbesar dan memuat lebih banyak data pemegang KTP.

"E-KTP juga akan lebih multifungsi, karena dimungkinkan untuk menggunakan aplikasi on-card, dimana suatu instansi pemerintah yang melayani publik bisa menanamkan program di dalam E-KTP sebagai bagian dari sistem yang mereka kembangkan," jelasnya.

BEKASI SELATAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Rudi Sabarudin mengatakan, saat ini Pemerintah Pusat melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News