Effendi Simbolon Masih Penasaran, Kok Bang Yos yang Dipilih Jokowi

Effendi Simbolon Masih Penasaran, Kok Bang Yos yang Dipilih Jokowi
Effendi Simbolon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon menilai sosok Letjen TNI (Purn) Sutiyoso yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Badan Inteijen Negara (KaBIN) ke DPR sudah memenuhi kriteria. 

Namun demikian, anak buah Megawati Soekarnoputri ini mengaku tetap akan mendalami apa pertimbangan Presiden Jokowi mengusulkan mantan Pangdam Jaya itu sebagai calon tunggal pengganti Marciano Norman.

"Kalau dari semua persyataran yang diharapkan untuk menjadi Kepala BIN pasti memenuhi, tapi pertimbangannya, itu yang belum yang tahu," kata Effendi saat dihubungi, Kamis (11/6).

Menurut Effendi, internal partainya tidak dalam kapasitas mengusulkan calon Kepala BIN ke presiden. Namun pembahasan soal sosok calon tetap dilakukan untuk memberikan merespons atas pertimbangan fraksi di DPR.

Sebelumnya nama-nama calon KaBIN sempat beredar, seperti Sjafrie Sjamsoeddin, TB Hasanuddin, As'ad Ali hingga mantan KaBAIS TNI, Ian Santoso Perdanakusuma. Tetapi yang kemudian diusulkan Jokowi adalah nama Bang Yos, yang belakangan dikaitkan dengan Kerusuhan 27 Juli 1996 ke kantor DPP PDI Perjuangan. Ketika itu Bang Yos menjabat Pangdam Jaya. 

Menurut Effendi, masalah itu ada kamar tersendiri untuk menelaah apakah keterlibatan Sutiyoso aktif atau pasif. Apakah ada unsur pidana atau tidak. Hal ini menurut politikus asal Sumatera Utara ini juga akan diclear-kan di DPR. 

"Ya harus clear nanti semua yang menjadi ranah pertimbangan DPR. Kami akan pertimbangkan dari rekam jejak, apa dasar presiden usulkan Sutiyoso, apa goalnya, apa targetnya. Baru bisa secara paripurna memberikan respon, rekomendasi untuk dipertimbangkan," tuturnya.

Saat ditanya pendapatnya selaku kader PDIP mengenai keterkaitan Sutiyoso dengan peristiwa Kudatuli, Effendi menyebutkan bahwa Kudatuli merupakan fakta sejarah sekaligus bencana politik yang harus dituntaskan.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon menilai sosok Letjen TNI (Purn) Sutiyoso yang diusulkan Presiden Joko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News