Ekosistem UMKM Digital jadi Fondasi Pemulihan Ekonomi

Ekosistem UMKM Digital jadi Fondasi Pemulihan Ekonomi
Penandatangan kerja sama Kadin Indonesia dan Blackstone Capital. Foto: dokumen pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan ventura Blackstone Capital meningkatkan kontribusi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terhadap ekspor dan produk domsestik melalui pendekatan digital.

Aldi Sky Wungkana, Founder dan Managing Partner Blackstone Capital mengatakan perlu inovasi, modal dan kemampuan cara berpikir yang baru agar bisa menembus pasar global.

"Pendekatan kami melalui ekosistem UMKM Digital 4.0 yang diharapkan dapat menjadi fondasi untuk memulihkan ekonomi," kata Aldi Sky dalam keterangan tertulis, Senin (13/9).

Menurut Aldi, pihaknya mewujudkan hal tersebut dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk akselerasi.

Selanjutnya, untuk mempercepat peningkatan UMKM berpartisipasi dalam digitalisasi, Blackstone Capital dan Kadin berharap pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, koperasi, organisasi kemasyarakatan, dan komunitas dapat terlibat secara aktif.

"Kami akan berupaya sekuat tenaga untuk melibatkan semua pihak yang dapat mendorong program ini, termasuk pemerintah, perbankan, universitas dan organisasi terkait lainnya," ujar Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin.

Internet merupakan salah satu fasilitas yang akan dibangun oleh Blackstone Capital bersama para mitra usahanya, didukung oleh Kadin Indonesia.

Akses internet tersebut rencananya akan dimulai dari Pulau Jawa, kemudian menggarap seluruh wilayah Indonesia untuk menyediakan internet murah bagi UMKM dan semua orang.

Blackstone Capital bermitra dengan Kadin Indonesia guna membangun ekosistem UMKM digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News