Teten Masduki Dorong Pelaku UMKM Melakukan Transformasi Digital

Teten Masduki Dorong Pelaku UMKM Melakukan Transformasi Digital
Menkop dan UKM Teten Masduki mendorong para pelaku UMKM melakukan transformasi digital atau beralih ke e-commerce. Foto: Humas Kemenkop dan UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan upaya restrukturisasi pinjaman, subsidi bunga, dan hibah modal kerja bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan pembiayaan murah dilakukan untuk pemulihan ekonomi nasional.

Tahun ini, kata Teten Masduki, pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp 253 triliun dengan bunga pinjaman tiga persen.

"Akan kami lihat dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kepada UKM,” ujar Teten Masduki saat menjadi pembicara pada webinar dengan tema "UMKM sebagai Tulang Punggung Ekonomi", Senin (6/9).

Dia lantas mengungkap penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM saat ini mencapai 97 persen dan 99 persen berada di usaha mikro.

Dari 65 jumlah UMKM, tambahnya, 99.6 persen di antaranya merupakan usaha mikro dengan omset di bawah Rp 2 miliar per tahun.

"Mereka masih bisa bertahan di masa pandemi dengan baik. Ke depan kami akan siapkan agar mereka bisa bertransformasi,” kata pria kelahiran Garut itu.

Untuk itu mendukung UMKM bertransformasi menuju digital, Kemenkop dan UKM menyiapkan sejumlah regulasi.

Teten membeberkan data dari asosiasi e-commerce yang menyebutkan bahwa saat ini UMKM yang berada di pasar digital mencapai 23,9 persen atau 15,2 juta UMKM.

Menkop dan UKM Teten Masduki mendorong para pelaku UMKM melakukan transformasi digital atau beralih ke e-commerce.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News