Kang Teten Dorong UMKM Jadi Vendor bagi Pemerintah & Masuk Rantai Pasok BUMN

Kang Teten Dorong UMKM Jadi Vendor bagi Pemerintah & Masuk Rantai Pasok BUMN
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam diskusi Bicara Kekinian Mencari Solusi bertema 'Memerdekakan UMKM di Masa PPKM' hasil kerja sama JPNN.com dan Satgas Covid-19. Foto: YouTube/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) membuat produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, pasar bagi produk UMKM tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di mancanegara.

"Kami bekerja sama dengan cross-border e-commerce untuk menyiapkan UMKM kita masuk pasar global," ujar Teten saat membuka diskusi daring Bicara Kekinian Mencari Solusi yang ditayangkan akun JPNN.com di YouTube baru-baru ini.

Diskui bertema Memerdekakan UMKM di Masa PPKM itu juga menghadirkan sejumlah pembicara, antara lain, Executive Vice President PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Rahfie Syaefulshaaf, Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja, dan Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun.

Teten mengatakan saat ini Kementerian Koperasi dan UKM telah menggandeng Shopee untuk memasarkan produk UMKM ke pasar dunia. "Shopee sudah bikin beberapa sekolah ekspor," ujarnya.

Selain itu, Kemenkop dan UKM juga telah menyiapkan kerja sama dengan BRI dan BNI Xpora untuk membidik UMKM yang berpotensi ekspor. "Kami di kementerian bakal membereskan ekosistemnya, supaya ekspornya meningkat," kata Teten.

Mantan kepala staf kepresidenan itu menambahkan pandemi sangat berdampak terhadap UMKM. Teten pun mengharapkan UMKM bisa menjadi vendor pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Di tengah daya beli masyarakat yang turun, tutur Teten, permintaan pasar saat ini digerakkan dengan belanja pemerintah dan BUMN. "Ini cukup menolong," katanya.

Teten Masduki mengatakan di tengah daya beli masyarakat yang turun, permintaan pasar saat ini digerakkan dengan belanja pemerintah dan BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News