Eks Gafatar Dipulangkan, Ada yang Pura-pura Tidur, Sembunyi

Eks Gafatar Dipulangkan, Ada yang Pura-pura Tidur, Sembunyi
Sebanyak 400 orang warga eks anggota Gafatar yang dipulangkan dari Pontianak, Kalbar, tiba di Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (23/1). Pemulangan warga asal Jatim tersebut, difasilitasi pemerintah dengan menumpang 2 unit pesawat Lion Air. Foto: ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA

jpnn.com - SURABAYA – Pengungsi eks Gafatar asal Jawa Timur berhasil mendarat dengan selamat di T1 Bandara Juanda Surabaya, kemarin.

Dua pesawat milik maskapai Lion Air digunakan untuk mengangkut para pengungsi. Pesawat dengan nomor penerbangan JT 3837 tiba pukul 04.00. Di dalamnya terdapat 193 penumpang.

Rinciannya, 60 orang perempuan, 50 laki-laki, 70 anak-anak, dan 13 balita. Mereka dikawal oleh enam orang petugas gabungan. Empat dari kepolisian dan dua orang TNI.

Sedangkan, pesawat kedua yaitu JT 3715 mendarat 10 menit setelah pesawat pertama. Ada 194 orang di dalamnya yang terdiri dari 40 laki-laki, 54 perempuan, 81 anak-anak, dan 19 bayi.

’’Semua langsung dibawa ke Asrama Transito Jalan Margorejo,’’ ujar Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, kemarin (23/1).

Setelah turun dari pesawat, para pengungsi langsung menuju bus Damri yang sudah siap menunggu di landasan udara. Sepuluh bus disiapkan untuk menjemput mereka. Delapan unit untuk mengangkut para pengungsi dan dua unit untuk mengangkut barang-barang.

Berbagai ekspresi ditunjukkan para korban Gafatar itu saat keluar dari pintu pesawat. Banyak di antaranya yang menutupi wajah. Ada yang menggunakan masker, ada pula yang menggunakan tangan atau barang yang sedang dibawanya.

Dari cara berjalannya, mereka tampak letih setelah melalui perjalanan dari Bandara Supadio menuju Juanda. Kerumuman wartawan juga membuat mereka tampak tidak nyaman. Namun, ada sebagian yang menunjukkan raut bahagia. Mereka tampak senang saat disalami oleh Gus Ipul.

SURABAYA – Pengungsi eks Gafatar asal Jawa Timur berhasil mendarat dengan selamat di T1 Bandara Juanda Surabaya, kemarin. Dua pesawat milik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News