Eksodus Venezuela Bikin Pening Tetangga

Eksodus Venezuela Bikin Pening Tetangga
Warga Venezuela mengantre untuk masuk ke wilayah Kolombia. Foto: Reuters

jpnn.com, LIMA - Kemelut ekonomi Venezuela melahirkan krisis kemanusiaan baru di Benua Amerika. Eksodus warga dalam skala besar membuat negara-negara tetangga siaga. Tidak terkecuali Brasil. Kemarin, Rabu (29/8) Presiden Michel Temer mengerahkan pasukan tambahan ke perbatasan. Tepatnya ke Negara Bagian Roraima.

Roraima berbatasan langsung dengan Venezuela. Dari negara bagian itulah ribuan warga Venezuela masuk Brasil. Karena itu, Temer menerbitkan dekrit soal pengamanan perbatasan pada Selasa (28/8).

’’Gelombang pengungsi di Roraima muncul karena penduduk (Venezuela) mengalami kondisi yang luar biasa buruk,’’ ujar Temer di istana kepresidenan Planalto.

Dalam dekritnya, Temer menuliskan bahwa pasukan tambahan tersebut akan berjaga di perbatasan sampai 12 September. Karena tugas utamanya menjaga keamanan, pasukan yang dikerahkan ke Roraima itu dipersenjatai lengkap. Sebab, para pengungsi Venezuela dan penduduk Roraima rawan bentrok.

Pertengahan Agustus lalu, penduduk Roraima dan para pengungsi asal Venezuela baku hantam. Empat warga Venezuela diduga melakukan kekerasan terhadap penduduk setempat. Kabarnya, mereka juga merampok. Penduduk Roraima tidak terima. Mereka mengamuk. Mereka mengusir para pendatang dan membakar barang-barangnya.

Tak ingin insiden serupa terulang, Temer pun lantas menerbitkan dekrit tersebut. Dia berharap kehadiran pasukan bersenjata di perbatasan bisa membuat situasi keamanan makin kondusif. Apalagi, arus pengungsi dari Venezuela terus mengalir. Setiap hari jumlah pendatang juga bertambah.

Belakangan, kondisi Venezuela memburuk. Akibatnya, jumlah warga yang mengungsi semakin banyak juga. Menurut BBC, saat ini ada lebih dari 60 ribu warga Venezuela di Brasil. Sebagai negara tetangga, Brasil pun menyediakan bantuan kemanusiaan. Diantaranya, menyediakan tempat penampungan dan layanan medis.

’’Masalah Venezuela bukan lagi urusan politik dalam negeri. Masalah itu bisa mengancam keharmonisan seluruh (penghuni) benua,’’ tegas Temer. Dia berharap pemerintah Venezuela tanggap dan bisa mengatasi masalahnya dengan segera.

Kemelut ekonomi Venezuela melahirkan krisis kemanusiaan baru di Benua Amerika. Eksodus warga dalam skala besar membuat negara-negara tetangga siaga

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News