Ekspansif, Kalstar Aviation Buka Rute Baru

Ekspansif, Kalstar Aviation Buka Rute Baru
Ekspansif, Kalstar Aviation Buka Rute Baru
SURABAYA - Maskapai penerbangan domestik kini lebih agresif untuk melebarkan penguasaan pasarnya di tanah air. Salah satunya adalah Kalstar Aviation yang membidik Pulau Jawa sebagai ceruk pasar yang potensial. Maskapai asal Kalimantan tersebut membuka rute penerbangan dari Surabaya-Pangkalanbun, Kalimantan Tengah.

Branch Manager Surabaya Kalstar Aviation, Edi Santoso mengatakan, sejak penerbangan perdana pada 16 Juni lalu, tercatat tingkat load factor rata-rata mencapai 80 persen. "Animo yang tinggi ini dikarenakan banyak masyarakat Kalimantan yang ingin ke Jawa. Apalagi, di Pangkalanbun banyak pekerja pekerbunan kelapa sawit dari Jawa," ujarnya kemarin (20/6).

Dia menargetkan, hingga akhir tahun pihaknya dapat meraih target rata-rata load factor sebesar 80 persen. "Kalau dari Pangkalanbun ke Surabaya mencapai 100 persen. Akan tetapi dari Surabaya ke Pangkalanbun masih sekitar 60 persen. Ini yang akan kami genjot. Kami manfaatkan momen peak season karena liburan. Kami perkirakan hingga 20 Juli nanti masih peak season," ujarnya.

Edi mengungkapkan, saat ini Kalstar Aviation menerbangi rute anyar ini dengan frekuensi empat hari dalam seminggu. Yakni setiap Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing 737 Series, dengan kapasitas tempat duduk 126 sheet. Banderol tiket sekali terbang mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1,1 juta. "Meskipun segmentasi pesawat kami merupakan ecocomic class, akan tetapi kami bukan penerbangan low cost carrier, kami cenderung ke segmen middle. Contohnya penumpang pesawat kami tetap diberikan fasilitas, misalnya konsumsi berupa snack," ujarnya.

SURABAYA - Maskapai penerbangan domestik kini lebih agresif untuk melebarkan penguasaan pasarnya di tanah air. Salah satunya adalah Kalstar Aviation

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News