JPNN.com

Ekspor Makin Bergairah, Bea Cukai Siapkan Pelayanan Prima

Rabu, 07 April 2021 – 14:37 WIB
Ekspor Makin Bergairah, Bea Cukai Siapkan Pelayanan Prima - JPNN.com
Bea Cukai terus memberikan pelayanan prima di tengah menggeliatkan ekspor komoditas lokal ke mancanegara. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Produk Indonesia terus merambah pasar internasional. Hal itu tidak telepas dari kontribusi Bea Cukai dalam upayanya memacu ekspor produk dalam negeri di berbagai wilayah di Indonesia.

Bea Cukai Yogyakarta kembali mengawal kegiatan ekspor langsung. Sebanyak 729 px automotive wiring harness telah diekspor sebanyak tiga kali sepanjang Maret 2021.

Barang tersebut diangkut langsung oleh pesawat Antonov yang terbang dari Johor Baru, Malaysia, dan setelah mendarat di Yogyakarta akan menuju Hanoi dan meneruskan perjalanan ke Amerika.

“Nilai devisanya mencapai USD 2.152.441,35 atau bila dikonversi nilainya mencapai Rp 30 miliar,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Hengky Aritonang.

Selain memberikan pelayanan ekspor, petugas juga mengawasi pemasukan barang ekspor ke sarana pengangkut dan melakukan pemeriksaan pesawat.

Selain itu, terdapat juga ekspor 46 ton automotive wiring harness yang diangkut dengan menggunakan kapal Volga Dnepr yang merupakan charter flight dengan rute Yogyakarta-Hanoi-Amerika.

Komoditas tersebut dihasilkan dua perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yaitu PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia dan PT Jatim Autocomp Indonesia.

Bea Cukai Yogyakarta juga memfasilitasi ekspor rambut palsu ke Amerika Serikat yang diproduksi oleh salah satu perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat, PT Dong Young Tress Indonesia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...