Elektabilitas Ahok Masih Jauh di Atas Pesaingnya, Siapa Saja?

Elektabilitas Ahok Masih Jauh di Atas Pesaingnya, Siapa Saja?
'Koh Ahok'. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok masih jadi yang paling diunggulkan untuk memenangkan Pilkada 2017. 

Elektabilitas Ahok jauh meninggalkan tokoh-tokoh lain yang dinilai berpotensi maju pada pemilihan mendatang.

Demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis hari ini, Rabu (14/10). Berdasarkan survei tersebut elektabilitas Ahok berada pada raihan 23,5 persen.

"Peluang Ahok untuk terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lebih tinggi dibanding calon lawan-lawan terdekatnya," ujar Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan dalam jumpa pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (14/10).

Djayadi mengungkapkan, pesaing terdekat Ahok adalah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang punya elektabilitas hanya 3 persen. Di bawah pria yang akrab disapa Kang Emil itu ada bekas gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dengan elektabilitas 2,1 persen.

Beberapa nama tokoh lain juga masuk ke dalam survei ini seperti Tri Rismaharani, Tantowi Yahya, Abraham Lunggana (Haji Lulung), Sutiyoso sampai wakil Ahok sendiri, Djarot Syaiful Hidayat. Presentase dukungan mereka semua berada di kisaran 1 persen.

"Nama-nama ini bukan kami sodorkan, tetapi disebutkan sendiri masyarakat," kata Djayadi.

Djayadi mengakui, penyelenggaran Pilkada DKI Jakarta masih lama, dan nama-nama calon belum bisa dikatakan stabil akan maju. Namun, dengan dalam jawaban spontan, Ahok berpeluang besar dan jauh meninggalkan calon-calon lawannya.‎

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok masih jadi yang paling diunggulkan untuk memenangkan Pilkada 2017.  Elektabilitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News