Elektabilitas Cak Imin Sebagai Cawapres Prabowo Naik, Mahfud MD dan Gibran Diperhitungkan

Elektabilitas Cak Imin Sebagai Cawapres Prabowo Naik, Mahfud MD dan Gibran Diperhitungkan
Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto/dok: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sudah ada tiga sosok bacapres yang bakal berkompetisi di Pilpres 2024, mereka ialah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Saat ini publik menunggu siapa cawapres yang bakal mendampingi dari tiga tokoh tersebut. Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis temuannya terkait sosok cawapres.

Direktur Eksekutif LSN Dr. Gema Nusantara Bakry menyatakan berdasarkan temuannya elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) makin menguat untuk bisa jadi cawapres.

"Jika dalam survei-survei sebelumnya tingkat keterpilihan Muhaimin sebagai cawapres masih di bawah satu persen kini sebanyak 9,4 persen publik menyebut Ketua Umum PKB tersebut layak menjadi cawapres pendamping Prabowo," kata Gema dalam keterangannya, Kamis (4/5).

Dia menyebutkan nama lain yang juga mulai diperhitungkan publik layak menjadi cawapres pendamping Prabowo ialah Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka.

"Sebanyak 10,2 persen responden menilai Mahfud MD cocok menjadi cawapres pendamping Prabowo, sedangkan Gibran dipilih oleh 9,8 persen responden," jelas Gema.

Survei itu sendiri dilaksanakan pada 25 April - 2 Mei 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 1230.

Survei itu menggunakan systematic random sampling dengan teknik wawancara melalui telepon dan memiliki margin of error sebesar +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(mcr8/jpnn)


Direktur Eksekutif LSN Dr. Gema Nusantara Bakry menyatakan elektabilitas Cak Imin meningkat sebagai cawapres.


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News