Elektabilitas Erick Terus Melejit, Jadi Figur Cawapres Kuat di Jawa Timur

Elektabilitas Erick Terus Melejit, Jadi Figur Cawapres Kuat di Jawa Timur
Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan oleh hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia periode September 2023. Erick yang merupakan Ketua Umum PSSI itu menduduki posisi teratas dengan hasil 19,0 persen suara dari simulasi sepuluh kandidat.

Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga (UNAIR) Prof Kacung Marijan mengatakan Erick Thohir muncul sebagai figur cawapres yang kuat terutama di Jawa Timur.

Menurutnya, Provinsi Jawa Timur sangat penting jadi wilayah pemilih sebesar 19 persen dari suara keseluruhan di Indonesia.

"Pak Erick Thohir ini salah satu termasuk figur cawapres yang muncul, terutama di Jawa Timur yang kuat," kata Prof Kacung, saat dihubungi wartawan, Sabtu (7/10).

Adapun yang menjadi alasan Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu kuat di Jawa Timur karena perannya yang dinilai aktif di kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Erick bukan seorang pengurus pondok pesantren (ponpes) atau keturunan kiai, namun dia sangat dihargai oleh kalangan NU.

"Apalagi beliau pernah menjadi sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU. Jadi belakang Erick Thohir memiliki kedekatan dengan NU," ujar Prof Kacung.

Sosok Erick Thohir sangat diperhitungkan dalam Pilpres 2024. Dia menjadi salah satu cawapres terkuat di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News