Elektabilitas Ganjar Paling Moncer dalam Survei Calon Presiden, Pengamat Bilang Begini

Elektabilitas Ganjar Paling Moncer dalam Survei Calon Presiden, Pengamat Bilang Begini
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Bursa calon presiden (Capres) 2024 sudah mulai ramai di perbincangan.

Charta Politika beberapa hari lalu merilis hasil survei elektabilitas kandidat yang digadang-gadang akan meramaikan kontestasi orang nomor satu di Indonesia. 

Dua nama kepala daerah berada di tiga teratas bursa calon presiden.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi teratas dengan elektabilitas 20,6 persen dan diikuti Anies di posisi kedua dengan 17,8 persen, Prabowo Subianto berada di posisi ketiga, sedikit di bawah Anies dengan 17,5 persen. 

Sementara itu, posisi Puan Maharani calon lain yang kemungkinan diusung PDI Perjuangan berada di bawah Ganjar dengan elektabilitas 1,4 persen menduduki peringkat ke-9. 

"Kluster yang menjadi sorotan untuk tokoh capres saat ini bukan lagi dari Ketua Umum Partai melainkan dari sosok kepala daerah, Ganjar dan Anies paling banyak mendapat simpati saat ini, " kata Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta Ujang Komarudin di Jakarta, Senin (16/8) 

Dia menyebutkan keduanya memiliki background yang kurang lebih sama dan dianggap bisa mewakili masyarakat saat ini dan memperoleh hasil survei yang baik. 

"Dua-duanya sama-sama aktifis, sama-sama dari UGM, dan punya program serta output yang kongkrit dibandingkan nama-nama kandidat lainnya dalam hasil survei elektabilitas," jelas dia.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menjelaskan sosok Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan paling disukai masyarakat untuk jadi calon presiden 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News