Elektabilitas Ical Hanya Bisa Terbantu Pendamping Sekaliber Jokowi

Elektabilitas Ical Hanya Bisa Terbantu Pendamping Sekaliber Jokowi
Elektabilitas Ical Hanya Bisa Terbantu Pendamping Sekaliber Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Rendahnya elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie membuatnya diprediksi sulit untuk memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Karenanya, pria yang akrab disapa Ical itu disarankan untuk mencari calon wakil presiden yang mampu mendongkrak elektabilitasnya.

Tidak tanggung-tanggung, Ical dianggap hanya berpeluang menang jika berpasangan dengan tokoh sekaliber Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. "Siapa yang akan dipadukan dengan Ical, itu harus dilihat dari yang punya kemampuan, paling tidak seperti Jokowi (Joko Widodo, red) untuk bersaing ketat," ujar CEO Lembaga Klimatologi Politik (LKP) Usman Rachman dalam jumpa pers di Senayan, Jakarta, Minggu (17/11).

Usman menyarankan agar Ical dalam menentukan pendamping di Pilpres memperhatikan kenyataan bahwa kelompok terbesar pemilih adalah suku Jawa dan beragama Islam. Menurutnya, wapres pasangan Ical harus mampu menarik suara dari kedua kalangan tersebut. Apalagi, Ical bukan berasal dari suku Jawa.

Berdasarkan penilaian LKP, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD adalah sosok yang memenuhi kriteria sebagai pendamping Ical. Sebab, Mahfud adalah tokoh yang populer di kalangan etnis Jawa dan Madura serta memiliki latar belakang sebagai seorang nahdliyin.

Namun, tidak mudah bagi Ical untuk menggaet mantan Menteri Pertahanan itu. Pasalnya, Mahfud diketahui memiliki afiliasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bahkan partai tersebut dikabarkan berencana mencalonkan Mahfud sebagai calon presiden.

"Bisa nggak NU dan PKB solid? Kalau bisa, ini bisa menguatkan pencalonan Ical," pungkas Usman. (dil/jpnn)


JAKARTA - Rendahnya elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie membuatnya diprediksi sulit untuk memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News