Empat Cara Mengendalikan Covid-19 Versi Rizal Ramli, Nomor Pertama Tentang Lockdown

Empat Cara Mengendalikan Covid-19 Versi Rizal Ramli, Nomor Pertama Tentang Lockdown
Rizal Ramli. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Begawan ekonomi Rizal Ramli menyebut ada empat cara menekan laju penularan Covid-19 yang terjadi belakangan ini. Satu di antaranya pemerintah mengambil langkah yang lebih tegas seperti lockdown selama sebulan. 

Namun, kata dia, pemerintah wajib menjamin pasokan makanan dan obat-obatan bagi rakyat kecil selama masa pemberlakuan lockdown.

“Itu yang terjadi di negara-negara lain yang berhasil mengendalikan Covid-19,” tutur Rizal  dalam keterangan persnya, Jumat (9/7).

Selain itu, kata eks Menko Ekuin itu, pemerintah perlu meningkatkan vaksinasi sebanyak tiga kali dari yang saat ini telah dilakukan demi menekan penularan Covid-19.

Selanjutnya, kata Rizal, pemerintah bisa mengalihfungsikan gedung DPR dan DPRD sebagai tempat perawatan warga yang terinfeksi Covid-19.

Sebab, dirinya menerima informasi bahwa banyak ruang perawatan di semua rumah sakit dipenuhi pasien.

“Kalau anggota dewan ingin rapat,kan bisa menggunakan aplikasi teleconfrence, seperti Zoom atau Google Meet,” tutur alumnus Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat itu.

Terakhir, kata Rizal, perlu adanya kepemimpinan yang tegas dan terarah menjadi salah satu faktor penting dalam perang melawan Covid-19.

Begawan ekonomi Rizal Ramli menyebut ada empat cara menekan laju penularan COVID-19 yang terjadi belakangan ini. Satu di antaranya pemerintah mengambil langkah yang lebih tegas seperti lockdown selama sebulan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News