Empat Kriteria Survey

Empat Kriteria Survey
Empat Kriteria Survey
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indobarometer (IB), Mohammad Qodari, menegaskan, hasil survei yang benar harus memenuhi empat syarat. Jika salah satu diantara empat syarat itu tidak terpenuhi, dipastikan hasil survei tidak berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Qodari saat menjadi narasumber acara Dialektika Demokrasi di press room DPR, Senayan, Jakarta, bersama Fachri Hamzah dan Burhanuddin Napitulu, Jum'at (9/1).

Dia jelaskan, keempat syarat itu, pertama, penerapan secara disiplin metodologi memilih responden yang tepat. Kedua, pelaksanaan protokol pemilihan responden yang disiplin dan wawancara yang baik. Ketiga, data entry yang akurat, dan keempat integritas peneliti pembuat laporan.

Menurut Qodari, survei yang benar dan objektif sangat diperlukan oleh sebuah partai politik sebagai diagnosa untuk melihat kondisi, tantangan dan peluang parpol bersangkutan.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indobarometer (IB), Mohammad Qodari, menegaskan, hasil survei yang benar harus memenuhi empat syarat. Jika salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News