Empat Manfaat Berkumur dengan Air Garam

Empat Manfaat Berkumur dengan Air Garam
Ilustrasi garam. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berkumur dengan air garam telah dilakukan sejak jaman dahulu kala dan dipercaya bisa mengatasi hampir seluruh masalah mulut. Garam yang dicampurkan ke dalam air tidak boleh terlalu banyak, karena menggunakan garam berlebih justru bisa membahayakan tubuh.

Garam memiliki kualitas alami untuk menghisap kelembapan dengan proses osmosis, membunuh bakteri serta mengurangi rasa sakit. Manfaat kesehatan dari air garam didasari pada sifat-sifat tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaat berkumur dengan air garam, mari kita lihat selengkapnya berikut ini, seperti dilansir laman MSN.

1. Menenangkan peradangan dan sariawan

Air garam tidak hanya membantu mengobati sakit tenggorokan tetapi juga mencegah infeksi kembali. Mereka bisa membantu meringankan peradangan tenggorokan yang disebabkan oleh alergi musiman, pilek dan infeksi sinus. Nyeri yang disebabkan oleh gusi berdarah dan sariawan juga bisa dikurangi dengan berkumur air garam secara berkala.

2. Kurangi bakteri berbahaya di mulut

Efek osmosis yang membantu tenggorokan Anda juga efektif dalam mengeluarkan patogen berbahaya pada jaringan gusi dan menciptakan penghalang garam yang membantu mencegah kembalinya mereka. Plus, air asin menetralisir asam yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang. Hal ini, pada gilirannya, membantu menjaga tingkat pH seimbang di mulut Anda (bakteri akan lebih memilih rumah beruap dan asam), yang bisa membantu mencegah gingivitis. Air asin juga bisa mencegah penyebaran infeksi jamur seperti Candidiasis ragi, yang menyerang mulut dan tenggorokan.

3. Mengurangi infeksi pernafasan

Sebuah studi 2005 oleh Mayo Clinic menggunakan kelompok uji 400 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk berkumur dengan air garam tiga kali sehari. Kelompok yang lain tidak. Setelah uji coba 60 hari selama musim flu, kelompok yang berkumur dengan air garam melihat penurunan 40 persen pada infeksi saluran pernapasan atas dibandingkan dengan kelompok lain.

Berkumur dengan air garam telah dilakukan sejak jaman dahulu kala dan dipercaya bisa mengatasi hampir seluruh masalah mulut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News