Empat Nama Pesaing Cak Imin Masih Teka-teki

Empat Nama Pesaing Cak Imin Masih Teka-teki
Muhaimin Iskandar. Foto: Humas MPR

jpnn.com, PALEMBANG - Nama cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 masih teka-teki. Namun, Jokowi mulai membocorkan nama kandidat cawapres yang sudah dikantonginya. Kalau sebelumnya tak pernah menyebut nama, kali ini Jokowi mengeja satu nama.

”Nama itu sudah ada di saku saya, sudah ada di saku saya. Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Palembang kemarin (14/7).

Hanya, Jokowi tidak menyebutkan siapa nama lain yang ada di kantongnya. Namun, dia menyebutkan bukan hanya ketua umum DPP PKB yang berpeluang. ”Dua hari yang lalu, sudah saya sampaikan ada lima. Dah ya sudah,” imbuhnya.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan tidak lama setelah PKB mendeklarasikan dukungan politik. Cak Imin –sapaan Muhaimin Iskandar– yang mendampingi Jokowi meninjau venue Asian Games di Palembang secara mengejutkan menyampaikan dukungannya kepada Jokowi dalam ajang Pilpres 2019.

Meski sudah membentuk banyak posko Join (Jokowi-Cak Imin) di berbagai daerah, kemarin merupakan deklarasi resmi dukungan PKB kepada Jokowi. Dengan demikian, PKB menjadi partai kesembilan yang mendukung Jokowi dalam pilpres. Sebelumnya dukungan disampaikan PDIP, Golkar, Hanura, PPP, Nasdem, PKPI, Perindo, dan PSI.

Empat Nama Pesaing Cak Imin Masih Teka-teki

Terkait posisi cawapres Jokowi, Cak Imin menyerahkan sepenuhnya kepada kesepakatan di internal partai koalisi. Namun, pria yang dinobatkan sebagai panglima santri itu optimistis namanya paling dipertimbangkan Jokowi.

BACA JUGA: Moeldoko dan TGB, Sama-sama Cocok jadi Cawapres Jokowi

Soal lima kandidat cawapres Jokowi di Pilpres 2019, baru satu nama yang sudah terungkap jelas yakni Muhaimin Iskandar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News