Empat Pilkada di Riau Digelar Serentak

Empat Pilkada di Riau Digelar Serentak
Empat Pilkada di Riau Digelar Serentak
PEKANBARU - Guna meminimalisir terjadinya konflik di empat kabupaten/kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah membuat kesepakatan bersama dengan empat kabupaten/kota untuk melaksanakan Pilkada serentak. Rencananya, Pilkada serentak itu akan dilaksanakan 3 Juni 2010 mendatang.

    

Ketua KPU Riau, H Sofian Samad, kepada Riau Pos (grup JPNN), Kamis (17/12), mengatakan, selain untuk meminimalisir terjadinya konflik, tujuan pelaksanaan Pilkada secara serentak adalah untuk efisiensi dan efektifitas penyelenggaran. "Pilkada serentak juga untuk mencegah timbulnya terjadinya pemilih ganda, terutama untuk tiga kabupaten, yaitu Bengkalis, Meranti dan Dumai. Sedangkan Kabupaten Inhu tak ada permasalahan karena jauh dan tak berbatasan langsung dengan tiga kabupaten itu," ujar Sofian.

Menurutnya, KPU Riau dan empat KPU Kabupaten telah sepakat pemungutan suara Pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah kabupaten/kota tahun 2010 digelar pada hari yang sama yaitu 3 Juni 2010.

Sofian mengakui, antisipasi adanya pemilih ganda perlu dilakukan sedini mungkin. Sebab, sampai saat ini masyarakat di Kabupaten Bengkalis dan Meranti klasifikasi dalam KTP masih sama. "Jadi ini sangat rawan terjadi penyimpangan," jelasnya. Begitu juga dengan Kota Dumai, yang letaknya sangat berdekatan dengan Kabupaten Bengkalis dan Meranti. "Jadi besar kemungkinan juga terjadi permasalahan pemilih ganda tersebut. Sedangkan untuk kabupaten Inhu tak ada permasalahan karena jauh," ujarnya.

    

PEKANBARU - Guna meminimalisir terjadinya konflik di empat kabupaten/kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010 mendatang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News