Enam Gunung Berapi Berstatus Siaga

Enam Gunung Berapi Berstatus Siaga
Enam Gunung Berapi Berstatus Siaga
JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, enam gunung api di Indonesia kini  berstatus Siaga. Meski demikian, pemerintah daerah dan masyarakat setempat belum diminta untuk mengungsi.

Keenam gunung api tersebut adalah Tambora, Anak Ranakan, Papandayan, Karangetang, Lokon, dan Gunung Anak Krakatau (GAK). "Saat ini belum perlu dilakukan pengungsian terkait dengan peningkatan aktivitas gunungapi di beberapa daerah," kata Sutopo kepada JPNN, Minggu (9/10).

Hingga saat ini, enam gunung api telah berstatus Siaga (level III), sedangkan 15 gunun gapi berstatus Waspada (level II). Terkait dengan aktifitas GAK, kata Sutopo, sampai saat ini masih terjadi gempa vulkanik menerus hingga mencapai sekitar 5.000 kali per hari. "Radius 2 km ditetapkan sebagai daerah berbahaya dan tidak ada aktivitas penduduk," ucapnya.

Sementara untuk Gunung Merapi di Sumatera Barat tidak ada peningkatan status dari gunung tersebut. Meskipun terjadi beberapa kali letusan, tapi statusnya masih  Waspada dan belum naik ke level Siaga.

JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, enam gunung api di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News