Enam Perintah Sekutu untuk Arek Suroboyo, Ini Dokumennya... (1)

Enam Perintah Sekutu untuk Arek Suroboyo, Ini Dokumennya... (1)
Perintah Sekutu untuk rakyat Surabaya, pada 9 November 1945 ini termuat dalam buku Pelajar dan Perang Kemerdekaan. Foto: Repro Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - BERBARENGAN dengan pamflet ultimatum yang disebarkan Sekutu melalui pesawat terbang, dicantumkan pula enam buah perintah.

Berikut isi surat bertajuk "PERINTAH-PERINTAH" tersebut…

1. Semua orang yang ditahan sebagai tanggungan oleh orang-orang Indonesia mesti dikembalikan dalam keadaan baik, selambat-lambatnya pada jam 18.00 sore tanggal 9 November 1945/

2. Semua Pemimpin Bangsa Indonesia termasuk Pemimpin Gerakan Pemuda Indonesia, Kepala Polisi dan Kepala Resmi Radio Surabaya mesti datang ke Jalan Jakarta selambat-lambatnya jam 18.00 sore tanggal 9 November 1945. 

Mereka harus datang berbaris satu per satu serta membawa macam senjata yang ada pada mereka. 

Semua senjata tersebut harus diletakkan di tanah di suatu tempat yang jauhnya 100 meter dari tempat pertemuan itu. 

Dan kemudian mereka harus datang ke muka dengan kedua belah tangannya diangkat di atas kepalanya masing-masing dan mereka akan ditahan serta harus menandatangani surat penyerahan dengan tiada pakai perjanjian apa-apa. --bersambung (wow/jpnn)

BERBARENGAN dengan pamflet ultimatum yang disebarkan Sekutu melalui pesawat terbang, dicantumkan pula enam buah perintah. Berikut isi surat bertajuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News