Endeavour Diluncurkan Dini Hari

Endeavour Diluncurkan Dini Hari
Foto : AP
CAPE CANAVERAL – Setelah jadwal peluncuran pada Minggu pagi kemarin sempat ditunda karena faktor cuasa, pesawat ruang angkasa Endeavour akhirnya diluncurkan dini hari tadi waktu Florida. Peluncuran pada malam hari itu merupakan yang terakhir kalinya jika jadwal peluncuran pesawat yang ada tertunda lagi. NASA hanya menjadwalkan empat peluncuran lain andai peluncuran malam hari itu tertunda lagi.

Seperti diberitakan Associated Press hari ini, cuaca dipastikan mendukung pada menit-menit terakhir.  Sebelumnya, Endeavour yang dijadwalkan dilincurkan pada Minggu pagi, harus ditunda karena mendung. "Lihatlah sepertinya cuaca bersama kita malam ini," ujar Direktur Peluncuran NAsa, Mike Leinbach kepada para astronot. "Saatnya terbang," sambung Leinbach.

Komandan awak Endeavour, George Zamka langsung menimpali kata-kata Leinbach. "Sampai jumpa beberapa pekan lagi," ujar Zamka. "Ini saatnya terbang," imbuhnya menirukan Leinbach.

Dalam waktu 15 menit dari peluncuran, para awak Endeavour langsung menikmati matahari terbit yang indah dari orbit, dengan bulan sebagai latar belakang. "Ku harap kalian ada di sini," ujar Zamka dari orbit. "Pertunjukan luar biasa," ujar Leinbach dari ruang kontrol di Cape Caneveral.

CAPE CANAVERAL – Setelah jadwal peluncuran pada Minggu pagi kemarin sempat ditunda karena faktor cuasa, pesawat ruang angkasa Endeavour akhirnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News