Energi Terbarukan Butuh Rp 134,6 T

Energi Terbarukan Butuh Rp 134,6 T
Energi Terbarukan Butuh Rp 134,6 T
JAKARTA - Indonesia membutuhkan investasi sebesar Rp 134,6 triliun untuk mengembangkan energi baru terbarukan hingga 15 tahun ke depan. Itu tercantum dalam masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025.

Dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan energi baru terbarukan di lima koridor yakni, Sumatera sebesar Rp 25,06 triliun, Jawa Rp 86,3 triliun, Sulawesi Rp 15,77 triliun, Bali-Nusa Tenggara 2,64 triliun, dan Papua-Maluku Rp 4,83 triliun.

Pelaksana Harian Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi, Kardaya Warnika menjelaskan, pengembangan energi baru terbarukan merupakan program prioritas pemerintah untuk memasok energi alternatif bagi masyarakat. "Dana itu untuk investasi infrastruktur maupun untuk pembangkitnya," katanya di Jakarta, Rabu (13/7).

Pemerintah, lanjut Kardaya, tengah berupaya meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan di masyarakat dengan melakukan berbagai inovasi. Salah satunya mengganti lampu-lampu penerangan jalan di seluruh Indonesia dengan lampu penerang jalan tenaga surya atau solar cell. Pihaknya juga mengusulkan agar listrik yang dipakai di pusat perbelanjaan tidak lagi berasal dari PLN, namun diganti listrik dari tenaga sinar matahari dengan memasang panel surya di atas atap mal di kota-kota besar.

JAKARTA - Indonesia membutuhkan investasi sebesar Rp 134,6 triliun untuk mengembangkan energi baru terbarukan hingga 15 tahun ke depan. Itu tercantum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News