Enovid Nose Sanitizer Terbukti Efektif Membantu Menangkal Covid-19

Enovid Nose Sanitizer Terbukti Efektif Membantu Menangkal Covid-19
Kasus positif Covid-19 nasional bertambah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nitric Oxide Nasal Spray (NONS) terbukti efektif membantu menangkal berkembangnya virus Covid-19 di saluran pernafasan atas, menurut jurnal kesehatan terkemuka di dunia The Lancet Global Health.

Enovid telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan sejak November 2021 dan beredar di Indonesia sejak Februari 2022, setelah rangkaian Uji Klinis fase III di India selesai dilakukan.

Dalam penelitian The Lancet Global Health ini, disimpulkan penggunaan NONS pada pasien infeksi SARS-CoV-2 gejala ringan bisa membantu mempercepat durasi penyembuhan gejala infeksi.

Penelitian berdasarkan pada hasil uji klinis fase 3 yang dilakukan di India terhadap 306 peserta yang merupakan pasien Covid-19, yang mengalami gejala ringan dan tergolong sebagai kelompok beresiko mengalami peningkatan penyakit, tidak divaksinasi, berusia di atas 45 tahun, dan memiliki satu atau lebih penyakit penyerta (komorbid).

Semua peserta menerima perawatan standar antara lain antipiretik untuk pengobatan demam dan nyeri, antitusif untuk batuk, dan hidrasi/nutrisi.

Sebanyak 153 pasien diberikan NONS secara rutin 6 kali per hari masing-masing dua kali semprot per lubang hidung selama 7 hari berturut-turut.

Sedangkan 153 pasien lainnya tidak diberikan NONS (placebo).

Dalam penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa pasien yang menggunakan NONS dapat mencapai hasil RT-PCR negatif di hari ke-4, sedangkan mereka yang tidak menggunakan NONS mencapai hasil RT-PCR negatif di hari ke-8.

Penggunaan NONS pada pasien infeksi SARS-CoV-2 gejala ringan bisa membantu mempercepat durasi penyembuhan gejala infeksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News