JPNN.com

Epson Digitalisasi Arsip Pustaka Koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaraan

Rabu, 19 Februari 2020 – 20:32 WIB
Epson Digitalisasi Arsip Pustaka Koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaraan - JPNN.com
Epson melakukan digitalisasi arsip Pustaka Koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka. Foto: Epson Indonesia

jpnn.com - EPSON Indonesia menujukkan kemampuan teknologinya dengan mendukung program digitalisasi dokumen-dokumen bersejarah di Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaraan, Solo.

Total dokumen yang didigitalisasi oleh Epson sekitar 3.132 koleksi dengan total keseluruhan 400.202 halaman.

Bekerja sama dengan PT. Unibless Indo Multi, selaku mitra kerja Epson Indonesia di solusi pengarsipan digital, dokumen yang sudah dipindai bisa diakses menggunakan aplikasi Electroninc Filling System (EFS) bernama UNIDocSys.

Arsip-arsip yang terdapat di Pura Mangkunegaran pada umumnya masih berupa kertas yang disimpan untuk dijaga nilai keaslian serta terlindung dari berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan dokumen arsip tersebut.

Arsip yang belum dipilah dan diolah banyak yang mengalami kerusakan dari faktor eksternal maupun internal.

“Koleksi perpustakaan Reksa Pustaka itu sudah sangat tua, kalau kita mengingat sejarah berdirinya, sampai saat ini sudah 152 tahun. Sehingga sekarang kondisi (dokumen-dokumen)-nya sudah sangat rapuh meskipun kondisi rusak karena banyak pengunjung (yang datang) kita tetap pinjamkan hanya saja kita harus membimbing pembaca itu agar hati-hati dalam membaca. Karena itu perlu sekali kegiatan digitalisai dengan harapan pembaca bisa membaca atau menikmati buku-buku tersebut dari hasil ahli media, sehingga kondisi fisik aslinya tidak semakin rusak," ucap R. Ngt. Ng. Dra. Darweni, selaku Pengelola Naskah Kuno Perpustakaan Reksa Pustaka.

Dengan adanya Instruksi Presiden No.3/2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government maka semua yang berhubungan dengan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat kedepannya harus bisa disajikan secara elektronik.

Epson Indonesia, bekerja sama dengan Unibless Indo Multi mengambil inisiatif untuk mendukung pelestarian budaya melalui digitalisasi arsip.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia