Era Jokowi, Respons Publik Terhadap Isu Papua Sangat Positif

Era Jokowi, Respons Publik Terhadap Isu Papua Sangat Positif
Diskusi bertema "Peran Media Dalam Membangun Optimisme dan Nasionalisme Papua" yang diselenggarakan oleh Social Media and Civic Education/SCME, di Gedung Dewan Pers Jakarta, Senin (27/11). Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Respons publik terhadap pemberitaan Papua sangat baik di tengah kebebasan pers di era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang semakin terbuka.

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi berbicara dalam diskusi media bertema "Peran Media Dalam Membangun Optimisme dan Nasionalisme Papua" yang diselenggarakan oleh Social Media and Civic Education/SCME, di Gedung Dewan Pers Jakarta, Senin (27/11).

Meski begitu, dia mengakui, masih ada rasa keadilan yang belum tersentuh di Papua.

"Peran media sangat besar dan sangat baik dalam membangun karakter Papua. Hanya saja belum diimplementasikan dengan baik,” tuturnya.

Menurut politikus Partai Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel II ini, salah satu contoh yang perlu dipublikasikan media adalah bagaimana membangun produktivitas yang diyakini akan meningkatkan produktivitas Papua.

Peran media sangat penting karena langsung kepada pemegang kebijakan dan langsung pada masyarakat.

"Indikator keberhasilan dari peran media diantaranya terciptanya dukungan publik terhadap kegiatan Industri, pengelolaan negara, stabilitas kawasan dan papua damai," ucapnya.

di kesempatan yang sama, peneliti senior LIPI Adriana Elisabeth juga mengatakan di tengah ketertinggalan Papua dalam pembangunan khususnya infrastruktur, peran media sangat dibutuhkan dalam rangka membangun optimisme dan nasionalisme untuk mengejar ketertinggalannya.

Pemberitaan media massa tentang Papua mendapat respons baik dari masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News