Eri Cahyadi Serap Spirit Pengabdian di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad

Eri Cahyadi Serap Spirit Pengabdian di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad
Eri Cahyadi. Foto: source for JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, sebaik-baiknya contoh pemimpin adalah Nabi Muhammad SAW.

Eri menyebut, Rasulullah telah memberi teladan nilai-nilai kepemimpinan dalam mengelola urusan umat.

Dia juga mendapat pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk mencontoh Nabi Muhammad saat memimpin Surabaya kelak.

"Sekarang bulan Rabiulawal, di mana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Dari Nabi kita belajar bagaimana beliau mengabdikan dirinya. Mewakafkan dirinya untuk umat. Beliau dihantam di sana sini, dicaci maki. Namun, beliau tidak goyah karena semua beliau lakukan untuk rakyat dan bagian dari laku ibadah beliau,” kata Eri saat hadir dalam Majelis Taklim Randu Agung, Sidotopo, Kenjeran, Selasa (20/10).

Eri kemudian menceritakan, Bu Risma menjadi pemimpin yang dicintai rakyat Surabaya karena meneladani spirit pengabdian dari Rasulullah.

“Bu Risma adalah seorang pemimpin yang sangat mencintai rakyatnya. Ini karena beliau benar-benar meneladani Rasulullah. Saya tahu betul, saking cintanya beliau dengan rakyatnya, sampai saat tangannya patah dan belum sembuh total, beliau langsung terjun ke masyarakat lagi,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya 2018-2020 tersebut mengatakan, paling tidak ada tiga nilai kepemimpinan Nabi Muhammad yang bisa diterapkan dalam pengelolaan kota.

Yakni, empati pada penderitaan rakyat kecil, memiliki kasih sayang kepada masyarakat, dan selalu ada keinginan kuat agar orang lain aman dan sentosa.

Eri Cahyadi mengatakan, paling tidak ada 3 nilai kepemimpinan Nabi Muhammad yang bisa diterapkan dalam pengelolaan kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News