Erick Thohir Akan Sikat Mafia Proyek di BUMN

Erick Thohir Akan Sikat Mafia Proyek di BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir heran Pertamina punya 142 anak perusahaan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir akan menyikat mafia proyek-proyek BUMN. "Kita tidak akan mentoleransi proyek-proyek yang berdasarkan keputusan oknum atau mafia. Kita sikat," ujar Erick Thohir di Jakarta, Selasa (28/1).

Erick mengatakan BUMN harus punya bisnis inti dan ahli dalam bisnis tersebut. Bahkan kalau bisa menjadi pemain yang tangguh.

"Bukan menjadi follower (pengikut) apalagi mohon maaf menjadi tempatnya membuat proyek-proyek yang tidak jelas juntrungannya, secara ekonomi-bisnis tidak jelas, untuk pelayanan publik pun tidak jelas," ujar Erick.

BUMN itu, kata dia, harus jelas model bisnisnya dengan menganalisa mau bersaing di mana. Ini penting agar BUMN-BUMN bisa fokus ke bisnis intinya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir akan memperbaiki model bisnis masing-masing BUMN dalam rangka mengembalikan BUMN-BUMN ke bisnis intinya.

Erick mengakui, kalau bicara mengenai BUMN secara keseluruhan terdapat 22 perusahaan air minum, bahkan semua BUMN memiliki bisnis hotel.

Menteri BUMN tersebut mencontohkan PT PANN (Persero) yang tidak fokus pada bisnis intinya. BUMN tersebut bergerak dalam bisnis leasing kapal laut tapi memiliki dua hotel dan juga mengurusi leasing pesawat terbang yang maskapainya sendiri sama sekali sudah tidak ada seperti Bouraq. (antara/jpnn)

Erick ingin BUMN harus punya bisnis inti dan ahli dalam bisnis tersebut. Bahkan kalau bisa menjadi pemain yang tangguh.


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News