Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilpres 2024

Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir.. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Andy Fefta Wijaya mengingatkan bahwa sosok calon wakil presiden tak kalah penting dari sosok capres, bahkan bisa jadi faktor penentu kemenangan. Hal itu bisa dilihat dari hasil simulasi yang dilakukan lembaga survei Poltracking Indonesia.

Dalam simulasi head-to-head Prabowo Subianto keluar sebagai pemenang ketika berhadapan dengan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan.

Namun, ketika dipasangkan capres tersebut dengan tokoh lain yang menjadi cawapres, maka Ganjar Pranowo lebih unggul dari Prabowo Subianto.

"Sehingga tokoh pendamping capres juga memegang peran yang sangat penting untuk meningkatkan elektabilitas. Capres yang dipasangkan dengan Erick Thohir mampu meningkatkan elektabilitas. Bahkan hasil survei yang dibuat Poltracking, elektabilitas pasangan Ganjar dan Erick Thohir merupakan yang tertinggi," terang Andy.

Simulasi yang dibuat oleh Poltracking Indonesia menyebutkan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir merupakan yang tertinggi diantara calon pasangan lainnya.

Elektabilitas pasangan Ganjar-Erick mencapai 27,6%. Sedangkan simulasi calon pasangan yang dibuat Poltracking Indonesia untuk Prabowo Subianto-Puan 20,7%.

Hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia juga menyebutkan faktor cawapres sangat menentukan kemenangan di pilpres 2024.

Erick Thohir saat ini mencapai 12,4%. Bahkan jika Prabowo Subianto disandingkan dengan Erick Thohir, maka elektabilitas pasangan ini menurut Poltracking Indonesia bisa mencapai 22,5%.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Andy Fefta Wijaya mengingatkan bahwa sosok calon wakil presiden tak kalah penting dari sosok capres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News