Erick Thohir Cawapres dengan Kinerja Terbaik dan Dapat Dukungan Kalangan NU

Erick Thohir Cawapres dengan Kinerja Terbaik dan Dapat Dukungan Kalangan NU
Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dorongan besar kalangan Nahdlatul Ulama (NU) makin menguatkan peluang Menteri BUMN Erick Thohir maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Pengamat politik Mochtar W Oetomo menyampaikan hadirnya banyak dukungan dari kalangan NU tidak terlepas dari peran besar yang konsisten ditunjukkan Erick dalam sejumlah agenda NU.

Hal tersebut sangat berdampak dan mendongkrak kenaikan elektoral Erick Thohir secara signifikan.

“Akhir-akhir ini di berbagai survei termasuk survei kami sendiri Erick Thohir relatif sangat populer dan sangat diterima di kalangan Nahdliyin,” kata Mochtar.

Misalnya berdasarkan temuan Survei Voxpol Center periode 24 Juli - 2 Agustus 2023, nama Erick Thohir sukses berada di posisi puncak. Pada simulasi tiga nama, cawapres Ketua Umum PSSI ini berhasil memperoleh angka elektabilitas sebesar 34,4 persen.

Bahkan lebih dari itu data dari Voxpol Center juga menunjukkan mayoritas responden pada survei tersebut merupakan nahdiyin –sebutan bagi warga NU. Tercatat nahdiyin yang memilih Erick Thohir sebanyak 35,3 persen.

Potensi keterusungan Erick Thohir tentu hadir dari adanya kedekatan Ketua Umum PSSI itu dengan NU yang sudah lama terjalin.

Kepercayaan tersebut begitu terlihat saat menteri andalan Presiden Jokowi itu didapuk sebagai Ketua Steering Committee (SC) Satu Abad NU beberapa waktu lalu.

Selain itu, hal tersebut juga dikuatkan dengan prestasi Erick Thohir selama menakhodai PSSI. Mulai dari keberhasilan merebut medali emas SEA Games 2023 Kamboja hingga mendatangkan juara dunia Timnas Argentina melawan Indonesia lalu.

“Erick Thohir dengan segenap prestasinya terutama terkait dengan sepak bola dan peringatan 1 Abad NU, memiliki basis tersendiri. Bukan hanya di kalangan anak muda milenial tetapi juga di kalangan Nahdliyin,” ujar Mochtar. (cuy/jpnn)


Erick Thohir disebut sebagai salah satu kandidat cawapres dengan kinerja terbaik dan dapat dukungan dari kalangan NU.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News