Erick Thohir Dorong PLN Optimalisasi Potensi Dalam Negeri

Erick Thohir Dorong PLN Optimalisasi Potensi Dalam Negeri
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan PT PLN (Persero) merupakan motor penggerak perekonomian. Foto: PLN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan PT PLN (Persero) merupakan motor penggerak perekonomian. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat bertumpu pada kelistrikan.

Namun, lanjut Erick, PLN juga harus bisa menjadi lebih strategis.

"Ini bisa kita maksimalkan Sumber Daya Alam (SDA) kita. Yang biasanya SDA kita dikelola untuk membangun pertumbuhan ekonomi negara lain, kali ini SDA ini harus bisa kita kelola untuk menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dalam negeri," kata Erick.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi pengembangan listrik berbasis sumber daya alam yang sangat banyak, seperti tenaga matahari, angin,dan air.

Erick menyebut Indonesia memiliki 270 juta penduduk yang menjadi market yang besar. PLN bisa memanfaatkan market ini secara maksimal agar bisa menjadi modal pertumbuhan bangsa.

"PLN bisa memanfaatkan market dalam negeri ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, membuka kesempatan usaha baru agar masyarakat juga bisa terdongkrak kesejahteraannya," ujar Erick Thohir.

Saat ini Indonesia sudah menjadi tuan rumah Presidensi G20. Erick mengatakan hal itu sebagai momen untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi role model dalam pengembangan energi bersih dalam transisi energi

"Kita punya roadmap, yang mana harusnya orang ikut roadmap kita bukan kita yang malah ikut roadmap orang," tambah Erick.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan PT PLN (Persero) merupakan motor penggerak perekonomian. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat bertumpu pada listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News