Erick Thohir Pendatang Baru Terkuat di Bursa Pilpres

Erick Thohir Pendatang Baru Terkuat di Bursa Pilpres
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menghadiri acara bersama warga Nahdliyin (NU). Ilustrasi. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Surokim Abdussalam menilai Erick Thohir adalah pendatang baru dengan potensi besar untuk maju dalam bursa pilpres. Hasil survei Poltracking Indonesia adalah salah satu indikasinya.

Surokim menjelaskan sebagai figur baru, elektabilitas Erick Thohir mampu mengalahkan sosok-sosok yang sudah lama hadir di perpolitikan Indonesia.

Erick Thohir mengalahkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua DPR RI Puan Maharani hingga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Sebagai tokoh baru capaian dan progress ini menunjukkan bahwa beliau potensial menjadi tokoh publik,” tutur Surokim.

Peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini juga menggarisbawahi reputasi Erick Thohir sebagai tokoh muda dan berhasil menjadi salah satu faktor yang membuat elektabilitasnya meroket.

Apalagi, eks presiden Inter Milan ini telah membuktikan kinerjanya di pemerintahan pusat sebagai Menteri BUMN.

“Sejauh ini Pak Erick Thohir sebagai tokoh muda, nonparpol, anggota kabinet dan profesional cukup memberi kontribusi untuk mengangkat reputasi beliau bisa kompetitif dalam preliminary dan kandidasi tokoh,” terang Surokim.

Terakhir, ia mengatakan jika figur pemimpin Erick Thohir memiliki keunggulan lainnya yakni bisa leluasa masuk ke berbagai golongan masyarakat Indonesia. Mulai dari kelompok masyarakat akar rumput, tokoh agama hingga para elit parpol sehingga mendorong terjadinya tren kenaikan elektabilitas menuju Pemilu 2024.

Dalam survei terbaru Poltracking Indonesia Erick Thohir berada di puncak elektabilitas dengan angka 12,4%

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News