ESDM Siapkan SPBU Listrik Gratis

ESDM Siapkan SPBU Listrik Gratis
ESDM Siapkan SPBU Listrik Gratis
JAKARTA - Iklim positif coba terus diupayakan untuk mendorong program kendaraan listrik. Salah satunya melalui penyediaan infrastruktur charging station atau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) listrik.

Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini mengatakan, charging station merupakan insfrastruktur vital yang akan dibangun untuk kendaraan listrik. Karena itu, selain keberadaannya mudah dijangkau, biaya charging pun juga harus terjangkau. "Malah lebih baik gratis," ujarnya Jumat (3/8).

Menurut Rudi, selain di SPBU milik Pertamina, charging station juga akan dibangun di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. "Serta di lokasi-lokasi lain yang mudah dijangkau masyarakat," katanya.

Rudi mengakui, gratisnya biaya charging station memang akan membebani PT PLN. Karena itu, dia memaklumi jika PLN pun ingin memberlakukan biaya charging sebesar Rp 1.200 per kilowatt hour (kWh). "Jadi, nanti biar itu ditanggung pemerintah melalui subsidi," katanya.

JAKARTA - Iklim positif coba terus diupayakan untuk mendorong program kendaraan listrik. Salah satunya melalui penyediaan infrastruktur charging

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News