Esemka Mandi Kembang

Uji Emisi, Hari Ini Tiba di Tangerang

Esemka Mandi Kembang
Esemka Mandi Kembang
SOLO - Kamis malam (23/2) menjadi momentum berharga bagi sejarah mobil Esemka. Guna mengawali keberangkatan uji emisi ke Jakarta hari ini (24/2), digelar prosesi doa dan jamasan. Kendaraan buatan siswa SMK itu didoakan tokoh lintas agama. Juga disiram kembang tujuh rupa. Ritual jamasan dilakukan agar mobil tersebut bersih, bebas dari ’kotoran’ yang menempel.

”Jamasan di sini memiliki arti mencuci, agar mobil ini tidak kotor dan besok tinggal kita berangkat saja,” jelas Walikota Solo Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi seusai menjalani prosesi upacara jamasan,  di Solo Technopark (STP).

Ditanya mengenai rute perjalanan, Jokowi menjelaskan, akan langsung ke Jakarta dan tidak mampir-mampir. Menurutnya, mampir ke beberapa kota kemungkinan baru dilakukan saat pulang dari Tangerang.

Jokowi menambahkan, Kota Solo akan menjadi tonggak sejarah munculnya mobil dinas pertama di Indoesia dengan principal dan merek Indonesia. “Itu berasal dari kerja keras banting tulang, bukan mengemis,” ucapnya serius. Artinya, mobil Esemka tidak muncul kemarin sore. Melainkan perjuangan anak bangsa yang telah berjuang selama lima tahun. “Saya kira ini semangat perjuangan selama lima tahun, tinggal nanti uji emisi dan kelayakan,” imbuhnya.

SOLO - Kamis malam (23/2) menjadi momentum berharga bagi sejarah mobil Esemka. Guna mengawali keberangkatan uji emisi ke Jakarta hari ini (24/2),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News