ESG Jadi Isu Penting Perusahaan-Perusahaan Terkemuka di Indonesia 

ESG Jadi Isu Penting Perusahaan-Perusahaan Terkemuka di Indonesia 
Ki-Ka: Audit & Assurance Partner BDO Bambang Budi Tresno, CEO for BDO in Indonesia Thano Tanubrata, Associate Director of ESG & Sustainability BDO Indonesia Anjar Priandoyo. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Environmental Social Governance (ESG) kini menjadi perhatian seluruh dunia pada World Economic Forum.

Terungkap risiko bisnis bukan lagi hanya soal produk maupun persaingan, tetapi kini berhubungan erat dengan iklim. 

Associate Director of ESG & Sustainability BDO Indonesia Anjar Priandoyo mengatakan pelaku bisnis dan Investor sudah mulal menyadari kondisi bumi memburuk dan berdampak pada bisnis. Ketika bumi rusak pada akhirnya akan membuat semua bisnis mati.

"ESG menjadi isu penting bagi perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dalam rangka keberlanjutan bisnis dan tatanan kehidupan global di masa mendatang (sustainability)," kata Anjar Priandoyo, di Jakarta, Rabu (2/8).

Dia melanjutkan kepedulian terhadap lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan adalah langkah baik. Namun, perlu diingat ESG bukanlah sekadar report keren-kerenan, tetapi sesuatu yang harus holistik dan perlu direncanakan matang.

Menurut Anjar, ketika sudah mengusung isu ESG, sejatinya perusahaan tersebut telah berada di jalan yang benar.

Langkah perusahaan itu sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia yang ingin menuntaskan target sustainable development goals (SDGs) pada 2030 dan net zero emission (NZE) pada 2060 mendatang. 

Didukung oleh regulasi pemerintah POJK No. 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Environmental Social Governance (ESG) kini menjadi isu penting perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News