Eskalator Terdalam 80 Meter, Mengusap Mulut Patung Anjing

Eskalator Terdalam 80 Meter, Mengusap Mulut Patung Anjing
Metro Moscow. Foto: Dok. Pribadi
Apa yang terjadi jika kaca mobil Hammer ditembak dengan Revolver pada jarak 10 meter? Mungkin tidak tertembus peluru, tetapi kacanya retak-retak, menyerupai sarang laba-laba. Bulatan berjenjang, dari kecil ke sedang hingga besar, dan ada retak-retak tak beraturan. Mirip itulah, peta Moscow jika dipotret dari atas.

 

Seorang kawan menyebut, mirip sarang laba-laba, rumahnya spiderman. Saya deskripsikan mirip kaca Range Rover tertembak Revolver. Ada yang menyebut mirip Matryoshka, boneka khas Rusia yang berukuran besar, sedang, kecil sampai kecil sekali. Ada juga yang menggambarkan seperti target sasaran anak panah, dari bulatan kecil, bulatan sedang sampai besar berwarna-warni.

Centralnya ada di Istana Kremlin, tempat Presiden Vladimir Putin beraktivitas setiap hari. Tersambung dengan Red Squere atau Lapangan Merah yang dari waktu ke waktu menjadi simbol kemenangan dan kehebatan Rusia. Tempat pamer senjata, show of power, dan pawai militer setiap tanggal 9 Mei. Ada ring road pertama, ring road kedua, dan ring road ketiga yang melingkari Kota yang didirikan tahun 1147 itu. Lingkar terluarnya, berjarak 20 kilometer dari pusat Red Squere, dengan jumlah penduduk hampir 12 juta jiwa.

Coba kita intip di bawah tanah? Apa yang terjadi di sana? Ada kereta bawah tanah paling sibuk di dunia. Setiap hari mengangkut lebih dari 9 juta orang. Bentuknya mirip denah atasnya, ada circle yang bulat memutar, dan ada connecting per area menuju ke centrum di Red Squere. Namanya, Metro Moscow –Moscow Metropolitan--, mirip dengan nama kereta listrik bawah tanah di Jepang, Metro Tokyo. Di Singapore dikatakan MRT – Mass Rapid Transportation, sama dengan calon di Jakarta, MRT. Di Hongkong sebaliknya, MTR. Di New York disebut Subway.

Apa yang terjadi jika kaca mobil Hammer ditembak dengan Revolver pada jarak 10 meter? Mungkin tidak tertembus peluru, tetapi kacanya retak-retak,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News