Euforia Malam Tahun Baru di Manila dan Piala AFF 2022 Tanpa Gereget di Filipina

Euforia Malam Tahun Baru di Manila dan Piala AFF 2022 Tanpa Gereget di Filipina
Suasana Malam Tahun Baru 2023 di Manila, ibu kota Filipina, Sabtu (31/12/2022). Foto: M Amjad/JPNN.com

jpnn.com - Timnas Indonesia yang akan menghadapi Filipina pada laga Piala AFF 2022 pada Senin (2/1) terpaksa berlatih dengan iringan musik yang berdentum keras. Di Manila, euforia perayaan Malam Tahun Baru lebih terasa ketimbang sepak bola.

Muhammad Amjad, Manila

WAKTU di arloji menunjukkan pukul 19.00 waktu Manila. Rizal Memorial Stadium yang bersejarah di ibu kota Filipina, Manila, terlihat terang karena digunakan untuk latihan Timnas Indonesia sebelum menghadapi tuan rumah.

Uniknya, gedung tinggi apartemen dan perkantoran di sekitar Rizal Memorial Stadium terlihat berbeda. Beberapa kali kilatan dari lampu sorot mengenai gedung-gedung pencakar langit tersebut.

Sorotan dari berbagai lampu itu juga diiringi suara musik yang begitu keras. Kilat lampu dan dentuman musik itu menjadi tanda bahwa ada yang sedang menggelar hajatan besar.

Suasana di jalanan menuju stadion pun sama. Banyak warga berkerumun di jalur pedestrian.

Di antara mereka ada yang menari mengikuti suara musik, atau sekadar bersenda gurau. Sebagian lainnya tampak menghidupkan suasana dengan menyulut petasan dan kembang api.

"Ini hari libur, hampir semua pertokoan, restoran, kafe akan tutup lebih awal,” ucap Eduardo Homo, sopir yang mengantar wartawan JPNN.com ke tempat latihan Timnas Indonesia.

Kemeriahan iala AFF 2022 tidak terlihat di Manila. Memang sepak bola bukanlah cabang olahraga favorit bagi masyarakat Filipina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News