Jumat, 15 Desember 2017 – 03:57 WIB

Evakuasi 344 Warga Diwarnai Tembakan dari KKB, Tegang!

Sabtu, 18 November 2017 – 00:38 WIB
Evakuasi 344 Warga Diwarnai Tembakan dari KKB, Tegang! - JPNN.COM

jpnn.com - Sebanyak 344 orang warga Kampung Banti, Kimbeli, dan Utikini, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, berhasil dievakuasi tim gabungan TNI-Polri, Jumat (17/11) sekitar pukul 18.30 WIT.

Tangis haru mewarnai kedatangan warga yang dievakuasi dari kawasan yang hampir sebulan dikuasasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) itu. Posko evakuasi dipusatkan di Gedung Tongkonan IKT Mimika.

Proses evakuasi oleh TNI dan Polri dilakukan sekitar pukul 08.00 WIT setelah personel TNI dan Polri berhasil masuk ke kampung kemudian menyelamatkan warga.

Menurut keterangan Kapolres Mimika, AKBP Victor Mackbon yang memimpin langsung proses evakuasi dari Tembagapura menuju Kota Timika bahwa secara umum evakuasi berjalan lancar.

Aksi perlawanan sempat dilakukan oleh KKB tapi ini tidak menghambat proses evakuasi.

“Masyarakat bisa kita lokalisir kemudian pasukan dari KKB lari dan tidak ada di Utikini. Melarikan diri. Akhirnya masyarakat sebanyak 344 kita evakuasi,” terang Victor saat ditemui di Gedung Tongkonan IKT Mimika.

Dikatakan, jalan yang dirusak oleh KKB memang menghambat proses evakuasi. Karena warga harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari kampung menuju bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut warga ke Kota Tembagapura dan selanjutnya ke Kota Timika.

Seorang warga, Lince Pabutungan mengungkapkan bahwa ketika proses evakuasi dan dalam perjalanan, mereka masih mendengar suara tembakan yang membuat warga jadi was-was bercampur takut.

SHARES
loading...
loading...
Komentar