Evaluasi Guru Tetap Harus Ada Pengawasan

Evaluasi Guru Tetap Harus Ada Pengawasan
Evaluasi Guru Tetap Harus Ada Pengawasan
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Rully Chairul Azwar mengatakan, ide untuk melakukan penilaian evaluasi kinerja yang akan dilakukan oleh pemerintah, yakni Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) memang bagus. Akan tetapi, tetap harus diimbangi oleh adanya mekanisme pengawasan  dan kontrol atas kinerja yang dinilai secara subjektif.

"Rencana mengenai evaluasi atas kinerja guru itu sudah bagus. Namun, tetap harus diikuti oleh mekanisme pengawasan. Karena selama ini, pengawasan dan kontrol tersebut tidak dijalankan, sehingga penilaian yang sudah dilakukan pun akhirnya menjadi sia-sia," ujar Rully di Jakarta, Rabu (10/8).

Rully mencontohkan, mengenai masalah abseni guru mengajar di sekolag. "Mana ada sekolah yang menggunakan absen sidik jari yang menjadi bukti guru itu mengajar hari ini,” tukasnya.

Selain itu pula, sistem online yang terintegrasi untuk menguji kinerja guru secara actual juga belum tersedia. Padahal, lanjut Rully,  dari mekanisme pengawasan kinerja guru yang terintegrasi dapat menjadi dasar penilaian seorang guru dapat dinaikkan pangkatnya dan juga mendapat tunjangan profesi.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Rully Chairul Azwar mengatakan, ide untuk melakukan penilaian evaluasi kinerja yang akan dilakukan oleh pemerintah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News