Eximbank Susah Cari Nasabah

Eximbank Susah Cari Nasabah
Uang Rupiah. Foto: JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Eximbank masih kesulitan mencari nasabah pengusaha lokal di Kalimantan Timur (Kaltim) meski sudah menggencarkan sosialisasi.

“Kalau usaha yang besar-besar seperti Astra International Group sudah masuk kami. Namun, itu lewat pusat. Kalau kami di cabang ini mencari potensi daerah yang ada. Pengusaha lokal contohnya,” terang Kepala Cabang Eximbank Balikpapan Taufiqur Rahman, Senin (19/11).

Tipikal pengusaha lokal, sambung Rahman, cepat puas. Ketika diajak berkembang mereka masih pikir-pikir.

Padahal potensinya besar. Berbeda dengan Pulau Jawa. Pengusaha lokal di sana mau dibina hingga besar.

“Dari puluhan juta hingga miliaran. Mereka naik kelas. Volume ekspor pun bertambah otomatis. Sudah banyak nasabah kami di Jawa yang seperti itu,” tutur Rahman.

Dia mengaku memiliki program binaan. Skill pengusaha untuk berorientasi ekspor dapat dibantu untuk meningkat melalui pelatihan. Mulai trainer didatangkan khusus dan hal lainnya.

“Banyak nasabah dari program ini menjadi skala besar. Di Kaltim, ya, tiga tahun berjalan belum ada nasabah,” ungkap Rahman. (aji/ndu/k15)


Eximbank masih kesulitan mencari nasabah pengusaha lokal di Kalimantan Timur (Kaltim) meski sudah menggencarkan sosialisasi.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News