Expo Clean & Laundry Rangkul UMKM Saling Bertukar Pikiran

Expo Clean & Laundry Rangkul UMKM Saling Bertukar Pikiran
Expo Clean & Expo Laundry 2023 kembali digelar di Jakarta. Foto : dok ALS 

jpnn.com, JAKARTA - Industri klining dan laundry mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dinamis di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Pascapandemi, kegiatan membersihkan dan mencuci menjadi lebih penting dan ekspektasi yang meningkat akan kebersihan juga turut memacu perubahan yang mendorong evolusi industri klining dan laundry.

“Industri klining mengalami pertumbuhan yang luar biasa, pelaku usaha juga dituntut untuk lebih sigap dalam mengantisipasi kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang paling efektif. Tentunya, industri ini juga merupakan industri yang padat karya dan salah satu upaya peningkatan kualitas adalah juga dengan memberikan peluang untuk terus belajar dengan pelatihan – pelatihan dan juga sertifikasi tenaga kerja. Hal ini penting, karena tenaga kerja yang tersertifikasi akan memiliki lebih banyak peluang untuk maju," kata M Shiddiq, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia – APKLINDO.

Shiddiq mengatakan dengan adanya kebutuhan pasar yang dinamis, industri klining dan laundry terus beradaptasi mengikuti perubahan dan tren pasar.

Sertifikasi tenaga kerja, penggunaan bahan bahan yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia, pemanfaatan teknologi otomasi adalah beberapa elemen yang turut menentukan arah industri klining dan laundry.

“Bersama dengan teman – teman profesional industri klining dan laundry, kami mengamati dan mencermati dinamika industri ini, sejak penyelenggaraan EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY yang pertama kalinya di tahun 2014. Industri laundry sudah melaju pesat dalam semua kategorinya, baik dari laundry khusus untuk ritel, komersial, fasilitas yankes, pariwisata, semua berkembang cepat. Kunci utamanya ada di inovasi. Untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar, para profesional industri klining dan laundry harus memiliki inovasi produk,” kata Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa, penyelenggara pameran EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY.

Dia mengatakan melalui inovasi, pelaku industri bisa menawarkan produk dan layanan yang lebih baik, lebih efektif dan efisien.

Apklindo, imbuhnya, terus mendukung diselenggarakannya Expo Clean & Expo Laundry, bahkan sejak pertama kalinya diadakan.

Expo Clean & Expo Laundry kali ini menghadirkan lebih dari 100 brands produk klining dan laundry mewakili 15 negara dan kawasan di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News