Exxonmobil Siap Bersihkan Merkuri

Exxonmobil Siap Bersihkan Merkuri
Exxonmobil Siap Bersihkan Merkuri
BANDA ACEH- Kepala Bapedalda Aceh, Ir Husaini Syamaun menyebutkan bahwa PT Exxonmobil akan membantu masyarakat dalam membersihkan lahan bekas tambang miliknya dari pencemaran merkuri. Saat ini, lahan eks pertambangan itu sudah dikembalikan ke Pemkab Aceh Utara. Meski begitu, Exxonmobil akan menggelontorkan sejumlah dana untuk menuntaskan pencemaran merkuri yang dikeluhkan masyarakat Aceh Utara.

“Exxonmobil bersedia membantu dalam bentuk dana untuk pembersihan merkuri di lahan seluas 15 x 15 meter, juga mencari titik lainnya, kemungkinan masih adanya merkuri di lahan setempat,” kata Husaini Syamaun.

 

Husaini Syamaun mengakaui bahwa hasil tiga laboraturium menyatakan lahan tersebut positif mengandung merkuri sebesar konsentrasi 7,8 miligram Hg/Kg. Dan juga Pb (ttimbal) 294,7 miligram Pb/Kg. Kedua bahan ini, ditemukan di lokasi berukuran 15x15 m dengan kedalaman 20 centimeter.

Menurutnya, dengan data seperti itu, berarti merkurinya belum tercemar hingga lebih dari kedalaman itu. Sedangkan air sumur warga juga dinyatakan belum tercemar seperti dikhawatirkan sejumlah pihak. Kesimpulan ini diambil setelah sejumlah petugas telah mengambil sampel secara acak sejumlah air sumur warga sekitar.

BANDA ACEH- Kepala Bapedalda Aceh, Ir Husaini Syamaun menyebutkan bahwa PT Exxonmobil akan membantu masyarakat dalam membersihkan lahan bekas tambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News