F1 Batalkan 4 Seri di Benua Amerika, Gantinya Masuk ke Eropa

F1 Batalkan 4 Seri di Benua Amerika, Gantinya Masuk ke Eropa
Balapan F1. Foto: Formula 1

jpnn.com - Formula 1 batal memasukkan empat seri Grand Prix di benua Amerika, dan sebagai gantinya menambah tiga seri lagi di Eropa, termasuk sirkuit Imola dan Nurburgring, untuk kalender musim 2020.

Empat Grand Prix yang dijadwalkan di Kanada, Texas, Meksiko dan Brazil harus batal masuk kalender musim ini karena pandemi COVID-19.

Sedangkan Sirkuit Portimao di Portugal, akan menjadi tuan rumah balapan F1 untuk pertama kalinya tahun ini.

"Karena sifat pandemi COVID-19 yang berubah-ubah, restriksi lokal dan pentingnya menjaga masyarakat dan rekan-rekan kami tetap aman, maka tidak mungkin menggelar balapan di Brazil, AS, Meksiko dan Kanada musim ini," demikian pernyataan F1 seperti dilansir Reuters.

Pembatalan tersebut membuat total balapan yang gagal digelar di kalender awal 2020 menjadi 11 seri, termasuk Grand Prix Australia, Prancis, Monako, Belanda, Azerbaijan, Singapura dan Jepang.

Kalender revisi sekarang terdiri dari 13 balapan, sementara F1 berkomitmen untuk tetap menggelar 15-18 Grand Prix dengan dua seri terakhir di Bahrain dan Abu Dhabi pada pertengahan Desember.

Sedikitnya 15 balapan harus digelar untuk memenuhi kontrak siaran televisi.
 
Grand Prix China di Shanghai juga kemungkinan akan batal tetapi Vietnam tetap masih dalam pembicaraan, demikian pula Malaysia dengan Sirkuit Sepang.

Pemegang hak komersil F1, Liberty Media, perusahaan asal Amerika Serikat, menantikan balapan bisa kembali digelar di negeri Paman Sam itu tahun depan.

Formula 1 batal memasukkan empat seri Grand Prix di benua Amerika, dan sebagai gantinya menambah tiga seri lagi di Eropa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News